Selasa, 05 Januari 2010

SATELIT WIFI


Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, peralatan-peralatan pendukung jaringan

komputer masih sangat diperlukan. Peralatan tersebut pun kini menjadi komponen penting dalam pembangunan jaringan komputer.

Wifi adalah salah satu komponen pada jaringan komputer yang mampu melewatkan data

melalui Gelombang radio. Wifi saat Ini sangat Populer di karenakan sangat fleksibel yang dapat di implementasikan sebagai perpanjangan ataupun sebagai alternatif pengganti untuk jaringan Kabel LAN .
Wifi tidak saja diterapkan pada komputer namun juga perangkat gadget seperti Handphone, smarphone, dan PDA . Wifi berfungsi sebagai penghubung antara Client to Client dan Client to AP (Acess Point) maupun AP to AP. Wifi sendiri masih terkendala dengan jarak untuk Client to Client kurang lebih 30 m, sedangkan Client to Ap hanya mampu menjangkau sekitar 100m. Tetapi untuk menghubungkan antar gedung ataupun antar kota yang berdekatan bisa digunakan perangkat AP to AP dengan Jarak jangakaun sekitar 50 Km, Namun harus menggunakan perangkat dengan Spesifikasi Khusus yang diletakkan pada tempat yang tinggi untuk bisa saling berkomunikasi. Pada Jaringan AP to AP sendiri masih terkendala denagn kondisi geografis misalnya gedung-gedung yang tinggi, gunung dan pepohonan. Sehinga belum mampu menjangkau antar kota yang berseberangan dengan kota lain. Selain itu jaringan AP to AP tidaklah sefleksibel Jaringan Client to AP karena diperlukan perangkat khusus di mana AP adalah jaringan Induk setelah itu baru di hubungkan dengan perangkat HUB untuk membentuk Jaringan Lokal atau LAN baik melalu kabel maupun Wifi . Untuk itulah perlu sebuah terobosan baru diman sebuah Client ( laptop maupun gadget) bisa terhubung langsung dengan sebuah AP dengan jangkauan yang lebih luas tanpa terkendala oleh Kondisi Geografis. Satu satunya cara adalah dengan menggunakan Satelit yang berfungsi sebagai AP (Wifi Repeater) yang meneruskan sinyal dari sebuah AP server dengan demikian diharapkan sebuah Laptop maupun gadget bisa langsung terhubung ke Satelit tanpa melalui jaringan maupun perangkat khusus

1 komentar:

  1. lalu gimana caranya untuk langsung terhubung ke satlit???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

    BalasHapus